Optimalkan Proses Pra-Analisis Klinis, Siloam Hospitals Lippo Village Kini Manfaatkan Alat Automasi Laboratorium

Laboratorium canggih dengan alat automasi di RS Siloam Lippo Village

TANGERANG - Siloam Hospitals Lippo Village luncurkan Alat Automasi Laboratorium sebagai inovasi laboratorium terbaru. Solusi inovatif ini dirancang untuk merampingkan dan mengoptimalkan proses pra-analisis di laboratorium klinis, sehingga memastikan hasil pemeriksaan yang akurat dan dapat diandalkan. 

Penggunaan alat automasi pada laboratorium belum banyak dilakukan di Indonesia dalam skala besar. Siloam Hospitals Lippo Village sebagai rumah sakit yang megerjakan lebih dari 2000 test pemeriksaan lab setiap harinya, merasakan pentingnya penggunaan alat automasi tersebut. Alat ini mengotomatiskan tugas-tugas seperti pemilahan sampel, sentrifugasi, dan alikuotasi. Dengan mengotomatiskan proses manual ini, laboratorium dapat secara signifikan mengurangi risiko kesalahan, meningkatkan waktu tunggu, dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

Dr. Jeffry Oeswadi,MARS, Hospital Director Siloam Hospitals Lippo Village mengatakan alat automasi laboratorium ini menjadi kunci akurasi dan efisiensi. Alat ini juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas pemeriksaan laboratorium. Dengan fitur-fitur canggihnya, alat ini mampu meningkatkan efisiensi di mana ini dapat mengurangi waktu tunggu hasil pemeriksaan, sehingga diagnosis dan penanganan penyakit dapat dilakukan lebih cepat.

Selain itu juga menjamin kualitas untuk memastikan hasil pemeriksaan yang akurat dan dapat diandalkan serta meningkatkan kapasitas yang mampu memproses sampel dalam jumlah besar, sehingga dapat melayani lebih banyak pasien.


"Kami berkomitmen untuk terus memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Dengan adanya alat otomasi dan pengembangan berbagai jenis pemeriksaan baru, kami berharap dapat membantu lebih banyak pasien mendapatkan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang efektif,” ujar Dr Jeffry.

Adapun manfaat bagi pasien antara lain diagnosis yang lebih cepat dan akurat yang memungkinkan dokter untuk memberikan penanganan yang tepat sejak dini, pilihan pemeriksaan yang lebih lengkap untuk memenuhi kebutuhan pemeriksaan yang beragam. Serta pengalaman pemeriksaan yang lebih nyaman karena proses pemeriksaan menjadi lebih efisien dan tidak memakan banyak waktu.

Pada kesempatan yang sama, dr. David Rustandi,SpPK, Laboratory Services Department Head mengatakan Lab automation dengan teknologi pre-analtik digunakan untuk mengurangi kesalahan yang terjadi pada pengenalan sampel di laboratorium. Sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat, dalam waktu yang lebih singkat dan tepat waktu. 

“Secara operasional dengan adanya proses otomasi ini meningkatkan kapasitas pemeriksaan laboratorium yang membuat laboratorium SHLV menjadi pusat rujukan di Siloam Group dan rumah sakit di Provinsi Banten,” tegasnya.


Sementara itu, Pak Lee Poh Seng, Direktur PT Roche Indonesia - Diagnostics Division mengatakan kegembiraannya menjadi mitra strategis Rumah Sakit Siloam Lippo Village dalam mendukung transformasi pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. “Di Roche, kami berkomitmen untuk menghadirkan solusi diagnostik inovatif, salah satunya dengan solusi otomasi laboratorium yang kami hadirkan di Siloam yang dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi laboratorium serta mendukung deteksi dini dan perawatan pasien yang lebih baik,” katanya. 

Peluncuran ini menjadi bukti nyata dari dedikasi Roche untuk terus mendukung Siloam dan memperkuat masa depan kesehatan di Indonesia. “Kami berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Siloam, dan berharap kemitraan strategis ini dapat semakin meningkatkan nilai kompetitif Siloam dalam layanan diagnostik kesehatan,” tutupnya.

Inovasi Komprehensif untuk Kesehatan Lebih Baik

Selain pengenalan alat automasi terbaru, Siloam Hospitals Lippo Village juga mengembangkan berbagai jenis pemeriksaan baru untuk mendeteksi berbagai macam penyakit, termasuk:
Tes autoimun: Tes ini digunakan untuk mendiagnosis penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel tubuh sendiri.
Tes infeksi virus: Tes ini membantu mendeteksi berbagai jenis infeksi virus, termasuk virus dengue, HIV, termasuk tes HCV duo yang merupakan pemeriksaan inovatif untuk mendeteksi Hepatitis C. Sebagai rumah sakit pertama di Indonesia yang menawarkan tes ini, Siloam Hospitals Lippo Village berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang komprehensif dan mutakhir bagi masyarakat.
Pemeriksaan kanker: Siloam Lippo Village kini menawarkan pemeriksaan yang lebih komprehensif untuk mendeteksi berbagai jenis kanker pada tahap awal. (inung)
Diberdayakan oleh Blogger.