Usung Tema "The Magical World of Pet" IIPE 2024 Targetkan 70 Ribu Pengunjung

Pembukaan Pet Expo 2024 di ICE BSD Tangerang Selatan

TANGERANG SELATAN – Temali Indonesia kembali menggelar Indonesia International Pet Expo (IIPE). Mengambil tempat di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, IIPE2024 akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut yakni 6-8 September 2024.

Ini adalah event ke-10 kali yang digelar dengan tujuan mempertemukan para pecinta hewan peliharaan dengan komunitas dan pengusaha serta brand owner local yang memiliki produk-produk pendukung.

IIPE 2024 mengusung tema The Magical World of Pet dan menghadirkan 258 exhibitor yang terdiri atas 159 exhibitor lokal dan 63 exhibitor dari 20 negara. Selain itu juga melibatkan 39 komunitas dan membuka 43 booth makanan & minuman.

Secara umum, beberapa hewan peliharaan yang ikut memeriahkan IIPE 2024 adalah hewan reptile, hewan air, unggas, hewan rumah dan hewan eksotis. Dengan target 70 ribu pengunjung, Temali Indonesia akan melaksanakan seluruh rangkaian acara selama 3 hari pada area seluas 24.300 M3 (5 hall) guna memastikan keamanan dan kenyamanan seluruh exhibitor, pengunjung serta hewan.

Didit Siswodwiatmoko, Direktur Utama Temali Indonesia selaku Ketua Penyelenggara IIPE 2024 menyampaikan tahun 2024 IIPE hadir dengan sisi yang berbeda terutama jenis hewan peliharaan, antara lain ketangkasan dan kepintaran serta harmonisasi dengan pemiliknya. "Semua ini bisa terwujud karena tercapainya animal walfare,” jelasnya.

Selain itu Didit juga ingin melihat hewan peliharaan tidak sekadar hobi tetapi sekaligus dapat dikembangkan menjadi sebuah ekosistem yang saling mendukung. Tanpa disadari sebenarnya ekosistem ini dapat menjadi peluang industry yang dapat dimanfaatkan oleh banyak pihak diantaranya tumbuhnya UMKM dan local brand yang dampaknya dapat membuka lapangan pekerjaan. 

“Kami berharap event tahunan ini dapat menjadi sarana pertukaran informasi dan edukasi antara para pemilik, komunitas serta produsen penyedia seluruh kebutuhan hewan peliharaan,” tambahnya.

Sementara itu Nuryani Zainuddin, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian saat membuka resmi IIPE 2024 pada Jumat (6/9) mengatakan pet industry menjadi potensi ekonomi yang sangat besar peluangnya seiring bertumbuhnya kecintaan orang terhadap hewan peliharaan. Sampai Agustus 2024, industry pet hub telah mengekspor 2,6 ton pet hub senilai 3,9 juta dolar AS. Itu artinya industry pet hub di Indonesia semakin berkembang. 

Tampilkan show hewan

Selaras dengan tema yang diusung, pada IIPE 2024 akan ditampilkan berbagai show ketangkasan satwa dari beberapa komunitas, antara lain dog run, dog walk, dog camp, dog yoga, talkshow edukatif, parade cat & dog, international dog and cat show, kontes ketangkasan kucing yang akan diikuti oleh kucing terlatih dari berbagai ras dan juri-juri internasional, seminar dokter hewan dan entertainment. 

Para pengunjung juga bisa menyaksikan special show dari Detasemen K-9 yang akan mendemonstrasikan peranan hewan dalam pengamanan masyarakat. Pihak penyelenggara juga akan menghadirkan special guest: Domba ‘blacck nose’ Shaun The Sheep, dimana para pengunjung dapat berinteraksi dengan domba-domba lucu yang biasanya hanya bisa disaksikan di TV.

Exhibitor yang akan hadir pun semakin beragam dan menyesuaikan dengan seluruh kebutuhan Kesehatan dan perawatan hewan peliharaan, antara lain makanan, vitamin, produk perawataan, dokter spesialis hewan, asesoris, jasa pengasuh hewan peliharaan hingga toko ritel. Produk yang dijual dan dipamerkan sangat bervariasi mulai dari merek import hingga brand local.

Diberdayakan oleh Blogger.