Rayakan HUT Ke-4, Siloam Hospitals Ambon Gelar Fun Run 5K dan Bincang Sehat

Fun Run 5K dalam rangka HUT ke-4 Siloam Hospitals Ambon (ist)

AMBON – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 Siloam Hospitals Ambon gelar kegiatan Fun Run 5K dan Sekilas Bincang Sehat pada Kamis (1/8/2024). Mengambil tema #Seutas: Selangkah untuk Tulang Sehat kegiatan tersebut dibuka resmi dr. Paulus Triaji Hadijiwaya, Hospitals Director Siloam Ambon.

Dalam sambutannya, dr Paulus  menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka sukacita merayakan kehadiran Rumah Sakit Siloam Ambon yang telah hadir melayani masyarakat Provinsi Maluku dan khususnya Kota Ambon selama 4 tahun ini. 

“Fun Run ini dilaksanakan juga sebagai bentuk kepedulian Rumah Sakit Siloam Ambon terhadap membangun kesadaran kita bersama akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan tulang sesuai dengan campaign dari Fun Run ini #SEUTAS (Selangkah Untuk Tulang Sehat),” kata dr Paulus.

Menurut dr. Paulus berlari merupakan cara yang paling sederhana dalam berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain itu berlari juga dapat menjaga kesehatan tulang kita. “Semoga melalui kegiatan fun run yang dilaksanakan Siloam Ambon ini dapat  lebih meningkatkan kesadaran tentang hidup sehat kepada masyarakat kota Ambon,” tegasnya.

Sementara itu dr. Wijaya Johanes Chendra, SpOT(K), spesialis ortopedi, sub-spesialis hip & knee (panggul dan lutut) pada sesi bincang sehat menjelaskan tentang tips dan postur tubuh saat lari supaya seseorang tidak cedera. Menurutnya untuk menghindari cedera, yang harus diperhatikan sebelum berlari yaitu dengan melakukan pemanasan yang baik. “Selalu awali dengan pemanasan yang ringan seperti lari ringan untuk mempersiapkan otot-otot, langkah kaki, tekanan kaki, sepatu lari dan diakhiri dengan pendinginan,” jelasnya.

Untuk postur tubuh kata dr Wijaya, pastikan tubuh dalam posisi yang benar seperti menegakkan tubuh dan posisi kepala dan tulang belakang sejajar,.

Dan apabila terjadi cedera dr Wijaya menyarankan agar selalu menggunakan prinsip RICE yakni Rest, Ice, Compression, Elevation. Rest yaitu dengan melakukan istirahat saat terjadi cedera dan tidak memaksakan menyelesaikan kegiatan, Ice yaitu melakukan kompress dingin pada kaki yang cedera, Compression yaitu pembalutan bagian yang mengalami cedera dengan kain elastis, dan Elevation yaitu peninggian dari anggota tubuh yang mengalami cedera.

Siloam Hospitals Ambon merupakan rumah sakit ke-39 di Siloam Hospitals Group. Berlokasi di Jl. Sultan Hasanudin, Hative Kecil, Sirimau, Kota Ambon, rumah sakit ini mulai beroperasi pada Juni 2020, Siloam Hospitals Ambon saat ini sudah membuka pelayanan operatif dan non-operatif dengan pelayanan spesialis umum dan subspesialis, dengan 101 tempat tidur. 

Terdiri dari dua lantai yang telah beroperasi dari sebelas lantai yang sedang dalam proses pembukaan, Siloam Hospitals Ambon juga dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan kesehatan pendukung seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang HCU, ruang ICU, ruang isolasi, CT Scan, x-ray, farmasi, dan laboratorium. (inung)
Diberdayakan oleh Blogger.