Kementerian PUPR Dorong Peningkatan Kualitas Produk Lokal untuk Pembangunan Infrastruktur

TANGERANG,- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai pembina jasa konstruksi terus mendorong penggunaan produk dalam negeri (PDN) dan pemberdayaan kontraktor lokal dalam proyek pembangunan infrastruktur.

"PDN bukan hanya soal mendukung pertumbuhan ekonomi, tetapi juga menjadi wujud nyata dari upaya kita untuk menciptakan lapangan kerja dan terus mendorong peningkatan kualitas produk lokal, yang pada akhirnya kita dapat terbebas dari ketergantungan produk impor," kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mewakili Menteri PUPR dalam pembukaan pameran IndoBuildTech 2024 yang berlangsung di ICE BSD, Rabu, (7/8/2024).

Dikatakan Sekjen Zainal Fatah, dalam proyek infrastruktur yang dijalankan oleh Kementerian PUPR penggunaan material dan peralatan konstruksi produk dalam negeri telah mencapai lebih dari 90%. “Ini terus dilakukan dengan mendorong keterlibatan UMKM lokal melalui pemanfaatan katalog sektoral,” ujarnya.

Sekjen Zainal Fatah menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Debindo International Trade and Exhibitions (ITE) atas komitmennya mendukung pembangunan sektor kontruksi Indonesia melalui penyelenggaraan Pameran IndoBuiltech secara konsisten dari tahun ke tahun. 

"Saya berharap IndoBuildTech Expo Part 2 2024 ini tidak hanya menjadi ajang untuk memamerkan produk dan teknologi terbaru, tetapi juga sebagai forum untuk kolaborasi, pengembangan potensi dan inovasi di bidang konstruksi dan infrastruktur," kata Zainal Fatah.

Menurutnya pameran ini menjadi bukti nyata bahwa industri konstruksi Indonesia siap untuk bertransformasi dan beradaptasi dengan tantangan zaman, termasuk penerapan teknologi ramah lingkungan dan material bangunan yang efisien.

Direktur Debindo ITE, Rafidi Iqra Muhammad mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan Kementerian PUPR dan kementerian/lembaga terkait lainnya. “Tahun ini IndoBuildTech diikuti lebih dari 500 brand di sektor konstruksi baik dari nasional maupun internasional. Ini juga bagian dari untuk menumbuhkan ekosistem jasa konstruksi infrastruktur dan bangunan, untuk saling bersinergi dan kolaborasi terhadap pengembangan produk-produk jasa konstruksi,” ujarnya.

IndoBuildTech Expo adalah pameran material bangunan, arsitektur, dan interior terbesar di Indonesia, dimana dalam IndoBuildetech Expo 2023 telah melibatkan perwakilan dari 17 negara, 500 brands, dan menarik lebih dari 78 ribu pengunjung.

Turut hadir dalam acara pembukaan IndoBuildTech Expo tersebut Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Abdul Muis. (*)

Diberdayakan oleh Blogger.