Jasa Marga Dorong Partisipasi Dua UMKM Mitra Binaan dalam Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa Tahun 2024

JAKARTA-PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Mitra Binaan dengan memfasilitasi dua UMK untuk partisipasi dalam Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024. Pameran yang bertemakan “Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya” ini berlangsung di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 28 Agustus s.d 1 September 2024. Dua UMK tersebut yaitu Batik Koja dari Jakarta Utara dan Batik Dewi Sambi dari Tangerang.

Hadir dalam acara pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024, pada Rabu (28/08), Istri Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin sekaligus Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin, Corporate Social Responsibility Department Head Jasa Marga Andina Rahmasari serta sejumlah perwakilan dari pemerintah dan tamu undangan lainnya.

Di kesempatan berbeda, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan bahwa Jasa Marga sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri jalan tol dan dekat dengan aktivitas masyarakat selalu berkomitmen mendukung penyediaan tempat promosi serta pengembangan UMK, khususnya yang tergabung dalam mitra binaan Jasa Marga.

“Dua UMK yang berpartisipasi dalam pameran ini berada di wilayah pengoperasian jalan tol Jasa Marga Group. Untuk itu kami berikan kesempatan turut berpartisipasi dalam pameran nasional ini sehingga meningkatkan _brand awareness_ para UMK kepada khalayak yang lebih luas dan membuka peluang pasar baru bagi mereka,” terang Lisye.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin menekankan pentingnya peran generasi muda dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Indonesia.

“Saat ini, semakin banyak perajin muda yang terinspirasi untuk mengeksplorasi, memahami, dan memanfaatkan potensi kerajinan tradisional. Mereka adalah pionir yang akan membawa budaya Indonesia ke panggung dunia dengan pendekatan yang segar dan inovatif,” ujar Wury Ma'ruf Amin.

Menurutnya, seni kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia tidak hanya menonjolkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai dan identitas bangsa. Oleh karena itu, Wury menekankan pentingnya peran generasi muda dalam melanjutkan dan menjaga warisan budaya nasional.

Kriyanusa adalah pameran kerajinan nusantara yang diselenggarakan oleh Dekranas, bertujuan untuk mempromosikan produk kerajinan dari seluruh Indonesia. Selain memamerkan produk unggulan dari para perajin, acara ini juga mencakup _workshop_, _business matching_, dan penampilan artis untuk menarik minat kaum muda dalam melestarikan warisan budaya Indonesia. Kriyanusa juga berfungsi sebagai _platform_ untuk meningkatkan kolaborasi antar perajin dan mempromosikan produk-produk lokal ke pasar yang lebih luas baik nasional maupun internasional.

Selain menyediakan sarana promosi mitra binaan dalam pameran tingkat daerah maupun nasional, Jasa Marga juga memberikan pelatihan dan sertifikasi untuk meningkatkan kapasitas para UMK Mitra Binaan. Hal Ini menjadi bukti kepedulian Jasa Marga dalam mengembangkan potensi UMKM binaannya. Jasa Marga juga telah mengakomodasi rata-rata 70% UMK di seluruh rest area yang terdapat di jalan tol Jasa Marga Group dan telah melebihi ketentuan minimal (sebanyak 30%) sesuai ketentuan dari Peraturan Menteri PUPR No. 02 .(*/Las)
Diberdayakan oleh Blogger.