RS Siloam ASRI Gelar Edukasi Pentingnya Cuci Tangan dan Perawatan Gigi kepada Anak-Anak TK Green Montessori

Anak-anak TK Green Montessori saat mengikuti edukasi cuci tangan dan perawatan gigi di RS Siloam ASRI (ist/siloam)

JAKARTA - Rumah Sakit Siloam ASRI menggelar edukasi cuci tangan dan perawatan gigi anak dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2024 pada Rabu (24/7/2024). Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran dan mendidik anak akan pentingnya cuci tangan dan perawatan gigi sejak dini tentang cara menjalani hidup sehat.

Nurse dan Tim Dokter Gigi dari ASRI Dental Studio mengajarkan anak-anak TK Green Montessori cara mencuci tangan melalui lagu serta cara menyikat gigi secara interaktif. Siloam ASRI mengharapkan anak-anak lebih mengerti pentingnya menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah sarapan. Partisipasi penuh oleh semua anak membuat acara berjalan dengan lancar.

Di hadapan anak-anak, drg. Maya Ardiani memberikan informasi penting mengenai peran orang tua dalam membantu menjaga kesehatan gigi anak. Menurut drg. Maya Ardiani, orang tua sebagai guru pertama anak-anak memiliki peran penting dalam mencontohkan kebiasaan menggosok gigi.

“Dengan kemampuan meniru anak, kebiasaan baik ini akan terbentuk lebih mudah ketika sejak kecil mereka melihat orang tuanya rutin dan benar dalam menggosok gigi. Perlahan, orang tua juga dapat memberikan alasan pentingnya menggosok gigi dengan bahasa yang mudah dimengerti anak,” ujar drg. Maya Ardiani.

Dalam kesempatan tersebut, drg Maya juga memberikan beberapa tips untuk orang tua agar anak senang menggosok gigi, diantaranya:

            Berikan sikat gigi dengan warna dan bentuk yang lucu

            Gunakan pasta gigi berfloride dengan rasa yang disukai anak

            Lakukan sambil bernyanyi atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya

            Berikan reward kecil jika mereka rutin menyikat gigi

Selain 4 tips tersebut, menurut drg Maya, penting juga untuk mengajak anak mengunjungi dokter gigi secara rutin. Kunjungan ke dokter gigi sebaiknya dilakukan segera setelah anak memiliki gigi susu pertamanya, mengingat gigi susu mempengaruhi pertumbuhan gigi tetap, lengkung gigi, rahang, dan otot wajah.

“Hindari makanan manis dan lengket, serta berikan makanan sehat yang kaya kalsium, kasein, dan vitamin, seperti sayuran hijau, buah berserat, susu, keju, yogurt tanpa gula, ikan, kacang almond, dan biji-bijian. Ajari anak menyikat gigi dengan benar minimal dua kali sehari, serta lakukan kontrol rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali,” tutup drg Maya.

Diberdayakan oleh Blogger.