Mantan Mentan SYL Berkali-kali "Palak" Pegawai Minta Dibelikan Ponsel, Parfum hingga Pin Emas.

JAKARTA, Mantan  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) disebut kerap meminta anak buahnya  (pegawai) di lingkungan Kantor Kementerian Pertanian (Kementan) untuk membeli sejumlah barang, antara lain ponsel, tablet, parfum, kacamata hingga pin menteri berbahan emas. 

Hal itu diungkapkan oleh Protokol Menteri Pertanian Rininta Octarini yang dihadirkan sebagai saksi dalam sidang kasus korupsi oleh SYL, di Jakarta  Rabu (22/5/2024) seperti dikutip kembali dari website kompas.com pada Kamis pagi (23/5/2024).

“Kalau meminta barang, biasanya bapak meminta langsung ke saya di ruangan. Beberapa kali minta dibelikan parfum,  handphone, kacamata, dan pernah minta dibuat pin menteri dari emas,” ujar Rini di ruang sidang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Terdapat pula permintaan kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) untuk membelikan iPad, dan handphone ke bagian Sumber Daya Manusia (SDM). 

“Ada enggak menteri menyebut yang bayar barang ini nanti dirjen A, atau dirjen B?” tanya tim Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi kepada Rini. 

“Ada. Salah satunya ketika pak menteri meminta Ipad, waktu itu bapak menyampaikan mintakan ke Balitbang,” kata Rini menjawab pertanyaan.(*)
Diberdayakan oleh Blogger.