Jasa Marga Sabet Tiga Penghargaan di Ajang BCOMMS 2024

JAKARTA,-Sebagai bentuk komitmen dalam menerapkan dan menjalankan komunikasi korporat dan program keberlanjutan yang baik, PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraih tiga penghargaan di ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024.

 Ketiganya merupakan penghargaan Silver untuk kategori Sustainability Community Involvement & Development (CID) Kesehatan, kategori  Sustainability Community Involvement & Development  (CID) Pendidikan dan kategori Communication Best Crisis Handling BUMN  yang diterima oleh Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B dan Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga Nixon Sitorus di Jakarta pada Kamis, (7/3,/2024).

Malam penghargaan BCOMSS 2024 dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi BUMN Tedi Bharata, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga dan Staf Khusus V Menteri BUMN Tsamara Amany.

BCOMMS 2024 mengambil tema “Mengggerakan Masa Depan, Menuju Indonesia Emas” yang merupakan ajang kompetisi di bidang Komunikasi Korporat dan program Keberlanjutan bagi semua perusahaan BUMN. BCOMMS 2024 menghadirkan expert di bidang sustainability, communication dan digital communication.

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, transformasi yang dilakukan oleh BUMN telah membuahkan hasil.Namun demikian tidak boleh cepat berpuas diri karena tantangan perekonomian di tahun 2024 amat besar untuk melakukan terobosan pertumbuhan ekonomi di atas angka 5%.

“Saya terus mendorong transformasi yang ada di BUMN. Kita sudah memiliki blue print tahun 2024-2034 agar Indonesia menjadi bagian dari green economy. Tidak hanya itu, BUMN harus menjadi komponen terpenting dari Government Technology,  maka penting bagi kita untuk terus beradaptasi dengan teknologi yang ada,” imbuhnya.

Terkait acara yang digelar, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi BUMN Tedi Bharata menyampaikan, BCOMMS telah dilaksanakan sebanyak empat kali, hal tersebut tentunya tidak lepas dari Menteri BUMN untuk terus memajukan BUMN ke arah yang lebih baik lagi.

“Tentunya BCOMSS berbeda dengan penganugerahan lain. Jika di tempat lain tidak bisa melihat metodologi dan penilaiannya, dalam ajang ini Kementerian BUMN yang menilai sejauh mana program keberlanjutan yang dilakukan oleh perusahaan melalui peran Corporate Communication bisa membuat BUMN menjadi lebih sehat, tangguh serta sustainable, ” tuturnya.

Di hadapan para tamu Direksi BUMN serta Corporate Communication, Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga menyampaikan Corporate Communication harus menjadi tonggak penyebaran informasi yang baik bagi perusahaan.

Selama empat tahun ini ia mengapresiasi kepada Corporate Communication yang sangat serius membangun komunikasi di BUMN salah satunya  dengan gelaran agenda setting setiap bulan yang terdiri dari 15 klaster dan 108 BUMN turut berpartisipasi aktif.

“Selama empat tahun ini, pemberitaan positif naik dan pemberitaan negatif turun 50%. Setiap BUMN juga telah melaksanakan workshop  Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sehingga membuat korporasi melaksanakan Good Corporare Governance (GCG) dengan baik. Tentu hal ini menjadikan kesenjangan informasi semakin sempit. Hal inilah yang sama-sama kita perjuangkan semoga membuka pondasi awal kita menjadikan BUMN yang lebih informatif,” lanjut Arya.

Terkait tiga penghargaan yang diraih Jasa Marga pada penganugerahan BCOMMS 2024, Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya A.B mengucapkan terima kasih dan rasa syukurnya atas raihan yang dicapai. 

Ia mengatakan ini merupakan bentuk konsistensi perusahaan dalam menjaga komunikasi baik pada internal Jasa Marga maupun eksternal termasuk bagi masyarakat dan para pemegang saham.

“Kolaborasi lintas stakeholder sangat penting dalam aspek komunikasi dalam memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat, sehingga bisa menciptakan value creation bagi perusahaan, membangun kepercayaan publik serta memberikan dampak positif bagi citra perusahaan dan BUMN itu sendiri,” ungkap Bagus.

Sebagai salah satu perusahaan di bidang jalan tol, Jasa Marga terus mengimplementasikan aspek Keterbukaan Informasi Publik melalui pengembangan teknologi demi menghadirkan pelayanan yang prima bagi pengguna jalan tol. 

Jasa Marga mengembangkan Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) sebagai pusat informasi lalu lintas di jalan tol dengan mengimplementasikan teknologi Intelligent Transport System (ITS). Para pengguna jalan pun bisa mengakses informasi terkini dan memantau informasi seputar lalu lintas secara real time melalui Aplikasi Travoy dan One Call Center Jasa Marga di 14080.(**/Las)


Diberdayakan oleh Blogger.